Normalkah Vagina Kerap Rasakan Nyeri saat Hamil

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

DokterSehat.Com – Sebagian besar wanita yang sedang hamil kerap alami sakit pada vaginanya. Rasa sakit ini kadang bisa ditahan dan kadang tidak tertahankan sehingga wanita kerap mengeluhkannya saat buang air, duduk, atau saat tidur sekali pun.

Rasa sakit pada vagina saat hamil, normal atau berbahayakah? Adakah cara untuk mengatasi atau meredakan rasa nyerinya?

Penyebab nyeri pada vagina saat hamil
Umumnya rasa sakit pada vagina terjadi pada trimester ketiga atau kehamilan memasuki bulan ke-7. Wanita akan alami rasa sakit pada bagian vagina karena bayi terus berkembang dan membesar. Akibat pertumbuhan ini otot di sekitar rahim akan membesar dan menekan usus, kantung kemih, dan dubur.

Selain karena perkembangan, rasa sakit pada vagina juga bisa terjadi karena pengaruh hormonal. Saat hamil, hormon pada tubuh menyebabkan ligamen pada perut dan panggul melonggar. Akibat pelonggaran ini, vagina jadi merasakan sakit pada vagina yang membuat tubuh jadi tidak nyaman.

Meski sakit umumnya muncul pada trimester akhir, wanita yang hamil muda juga bisa alami sakit pada vagina. Kalau rasa sakit ini tidak disertai perdarahan, tidak ada yang salah dengan kehamilan. Namun, kalau ada perdarahan, pemeriksaan harus segera dilakukan agar bisa segera diatasi masalahnya.

Cara atasi rasa nyeri pada vagina
Rasa sakit pada vagina saat hamil memang mengganggu, tapi wanita bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Merelakskan tubuh dengan mandi atau berendam dengan air hangat. Kalau rasa sakit tidak tertahankan, coba kompres bagian vagina dengan air hangat.
  • Coba lakukan senam kegel dengan melatih otot bawah panggul.
  • Hindari bergerak memutar dengan pinggang memutar.
  • Pijat lembut di sekat area vagina. Pijat ini membuat tubuh jadi lebih relaks meski untuk melakukan hal ini butuh konsultasi dulu dari dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing