Benarkah Suka Minum Teh Bisa Mencegah Diabetes?

doktersehat-teh-hitam
Photo Credit: HAMZA BUTT

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku tak bisa melewatkan satu hari pun jika tidak menikmati teh. Memang, minuman ini memiliki rasa yang enak dan bisa memberikan sensasi tenang pada pikiran. Tak disangka, kebiasaan minum teh ternyata juga bisa memberikan efek positif berupa menurunnya risiko terkena diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa teh kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu kanker atau penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam teh yang berupa polifenol ini ternyata juga bisa membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa rutin minum teh akan memberikan dampak berupa menurunnya kadar glukosa darah bagi orang dewasa yang berimbas pada menurunnya risiko terkena diabetes.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa senyawa polifenol mampu menghambat penyerapan gula dalam darah dengan signifikan. Fakta ini terungkap setelah para partisipan diminta untuk mengkonsumsi minuman sarat sukrosa dan camilan manis. Para partisipan yang rajin minum teh cenderung mampu menahan lonjakan kadar gula darah akibat dari kebiasaan ngemil dan mengkonsumsi minuman manis tersebut dengan signifikan.

Dr. Tim Bond yang berasal dari Tea Advisory Panel menyebutkan bahwa teh sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari karena memang terbukti mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya. Hanya saja, Dr. Bond juga meminta kita untuk tidak menambahkan bahan lain seperti gula atau susu pada teh tersebut karena bisa merusak manfaat alamminya bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing