Ini Berapa Banyak Berat Badan Ibu Harus Naik Selama Kehamilan

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan

DokterSehat.Com– Kondisi kesehatan kehamilan ibu dan tumbuh kembang janin yang dapat dilihat dari kenaikan berat badan ibu selama kehamilan. Berat badan ibu meningkat karena janin dalam rahim juga semakin besar. Asupan makanan yang lebih banyak seiring dengan peningkatan kebutuhan zat gizi juga pasti membuat berat badan ibu semakin naik. Namun apakah dengan semakin naik berat badan ibu maka kehamilannya akan semakin baik?

Kenaikan berat badan ibu memang dianjurkan semakin naik di setiap bulannya. Namun beberapa pedoman dan studi menunjukkan bahwa ada batasan maksimal berapa kenaikan berat badan ibu selama kehamilannya. Kenaikan berat badan ibu hamil memang baik, akan tetapi jika berlebihan tentu akan dapat mengganggu kondisi kesehatan ibu secara umum. Maka dari itu perlu diketahui berapa batasan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan. Batasan ini ditentukan oleh kondisi status gizi ibu hamil. Status gizi ibu sebelum hamil merupakan ukuran untuk mengetahui berapa total kenaikan berat badan ibu selama hamil.

Kondisi status gizi ibu sebelum hamil digunakan untuk menentukan seberapa banyak kenaikan berat badan ibu hamil. Hal ini dikarenakan status gizi berpengaruh dengan ada atau tidaknya cadangan energi dan zat gizi ibu untuk masa kehamilan. Total kenaikan berat badan ibu selama kehamilan berdasarkan status gizi adalah sebagai berikut:

    • Kondisi status gizi kurus

Ibu dengan status gizi kurus dianjurkan mengalami total kenaikan berat badan minimal 12-18 kg selama kehamilan. Angka ini merupakan angka paling besar karena cadangan energi dan zat gizi ibu dengan status gizi kurus kurang, maka harus dipenuhi selama masa kehamilan.

<li>>Kondisi status gizi normal

Ibu hamil dengan status gizi normal dianjurkan mengalami total kenaikan berat badan sebesar 11-15 kg selama kehamilan.

 

  • Kondisi status gizi kegemukan (overweight/kelebihan berat badan tingkat sedang)

 

Pada kondisi status gizi kegemukan kenaikan total berat badan hamil adalah 7-11 kg.

 

  • Kondisi status gizi obesitas (obese/kelebihan berat badan tingkat berat)

 

Ibu dengan kondisi obesitas kenaikan berat badannya ditentukan berdasarkan kondisi masing-masing individu karena harus memerhatikan kondisi kesehatan lain yang mungkin berpengaruh.

Dengan mengetahui total kenaikan berat badan ibu selama kehamilan ibu akan lebih mudah memantau berapa kenaikkan berat badan yang dapat dijadikan acuan atau target. Sehingga kenaikan berat badan ibu tidak berlebihan dan akan mendukung kesehatan kehamilan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing