Ini Cara Agar Sarapan Dengan Bubur Tapi Tetap Kenyang

doktersehat-sehat-oatmeal-diet-fruits-buah-apel-berry-sarapan

DokterSehat.Com– Tidak kenyang jika sarapan bubur. Anda tentu sering mendengar celetukan seperti itu beberapa saat setelah kita sarapan dengan bubur. Kita tentu tahu jika bubur memang memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan pokok lainnya seperti nasi putih, mie atau lontong. Tapi sarapan dengan menggunakan bubur sudah menjadi favorit banyak orang apalagi bubur ayam yang nikmat. Kira-kira apakah ada caranya agar kita tetap merasakan kenikmatan bubur namun tetap kenyang?

Dalam 100 gram bubur nasi hanya terdapat setengah dari energi 100 gram nasi putih. Sehingga apabila kita ingin sarapan bubur kita harus mengkonsumsinya sebesar 200 gram untuk mendapatkan energi yang dapat kita peroleh dari satu centong nasi. Hal ini perlu kita perhatikan agar meskipun kita mengkonsumsi bubur asupan energi yang dibutuhkan tubuh dapat tetap terpenuhi. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita tetap merasa kenyang saat sarapan dengan bubur adalah:

  • Tidak membuat bubur terlalu encer
  • Apabila kita membuat sendiri bubur untuk sarapan maka kita dapat sedikit mengubah konsitensinya menjadi lebih padat sehingga lebih mirip nasi tim. Dalam 100 gram nasi tim terdapat ¾ energi yang dapat kita peroleh dari nasi putih. Sehingga dengan tidak membuat bubur yang terlalu encer akan membuat asupan energi dari bubur lebih tinggi.

  • Mengkonsumsi bubur dalam porsi lebih besar
  • Bubur biasanya kita konsumsi dalam jumlah porsi yang sama dengan saat kita mengkonsumsi nasi. Padahal kandungan energi pada bubur tidak sama dengan nasi putih biasa. Kita dapat mengkonsumsi bubur dalam porsi yang lebih besar dari porsi nasi putih yang kita makan sehingga asupan energinya dapat tetap sama. Namun, biasanya saat mengkonsumsi bubur beberapa orang cenderung merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak semua orang dapat mengkonsumsi bubur dalam porsi yang lebih besar.

  • Mengkonsumsi kudapan lain dalam rentang waktu sarapan
  • Saat mengkonsumsi bubur dalam jumlah porsi yang sama dengan saat kita makan nasi sebaiknya dalam rentang waktu sarapan kita mengonsumsi jajanan atau makanan lain sehingga kebutuhan energi tubuh kita tetap terpenuhi.

Memilih bubur sebagai makanan saat sarapan merupakan alternatif jenis makanan saat sarapan. Dengan beberapa cara yang tepat ternyata kita tetap dapat merasa kenyang saat makan bubur ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing