Mengapa Beberapa Pengidap Kanker Payudara Kebal Pengobatan?

Payudara Gatal Sebelah Kanan & Payudara Gatal Sebelah Kiri - DokterSehat

DokterSehat.Com– Sebagian besar kanker payudara adalah reseptor estrogen positif, yang berarti bahwa sinyal yang diterima dari hormon estrogen, mendorong pertumbuhan tumor. Untuk menghentikan penyebaran kanker ini, penghambat estrogen biasanya diresepkan. Tapi apa yang terjadi saat tumor tahan terhadap pengobatan?

Studi menunjukkan bahwa sekitar 70 persen dari semua kanker payudara adalah reseptor estrogen positif (ER-positif).

Jenis kanker ini biasanya disembuhkan dengan obat-obatan, seperti tamoxifen dan fulvestran yang menurunkan kadar hormon atau menghambat reseptor estrogen untuk mencegah penyebaran tumor. Ini dikenal sebagai terapi endokrin.

Namun, seperti dilansir dari Medical News Today, sekitar sepertiga pengidap kanker payudara mengembangkan kekebalan terhadap pengobatan, yang berdampak negatif pada peluang bertahan hidup mereka. Mekanisme yang mendasari resistensi tumor terhadap terapi tidak dipahami dengan baik dan saat ini menimbulkan tantangan besar.

Namun belakangan ini, spesialis dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston, telah membuat kemajuan signifikan dalam mengungkap apa sebenarnya yang terjadi di tubuh orang-orang yang terapi endokrinnya tidak bekerja.

Dr. Myles Brown, direktur Pusat Epigenetika Kanker Fungsional di Institut dan rekan-rekannya menyelidiki bagaimana mutasi gen tertentu membuat sel kanker lebih tahan lama, memfasilitasi metastasis (penyebaran kanker). Temuan mereka, pada akhirnya dapat menghasilkan pendekatan yang lebih efektif untuk pasien yang tidak merespon dengan baik terhadap perawatan tradisional.

Mutasi yang menghambat pengobatan
Dalam penelitian sebelumnya, Dr. Rinath Jeselsohn, yang juga memimpin penelitian baru, melihat bahwa mutasi gen reseptor estrogen pada sel kanker sebagian besar bertanggung jawab atas resistensi kanker terhadap pengobatan.

Pada kesempatan itu, para ilmuwan mengamati mutasi ini pada tumor metastasis pada wanita yang telah menerima terapi endokrin dan belum menanggapinya.

Mengikuti penemuan ini, Dr. Jeselsohn dan rekan-rekannya menganalisis mutasi ini menggunakan model laboratorium kanker payudara ER-positif, mencatat bahwa mereka mendukung ketahanan kanker terhadap obat tamoxifen dan fulvestrant.

Studi baru tersebut mengungkapkan mekanisme tambahan yang belum diketahui peneliti sebelumnya.

Selain memungkinkan tumor untuk beradaptasi dengan pengambilan estrogen, mutasi genetik juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan gen yang memungkinkan tumor kanker menyebar lebih jauh.

Mutasi semacam itu yang memungkinkan gen mendapatkan fungsi mengejutkan dan baru disebut sebagai mutasi neomorfik.

Oleh karena itu, efek mutasi genetik ada dua, sehingga tumor kanker dapat melakukan dua “serangan” yang berbeda pada saat bersamaan.

Terapi Kombinasi untuk Kanker yang Resisten
Begitu mereka mencatat efek mutasi pada tumor kanker payudara, Dr. Brown dan rekan-rekannya beralih ke alat pengeditan gen modern, yaitu CRISPR-Cas9, untuk menentukan dengan tepat gen mana yang menjadi inti perubahan terkait reseptor estrogen.

Ini mengungkapkan bahwa satu gen pada khususnya, yang disebut CDK7, mungkin memberi dirinya sendiri target terapi kanker baru. Gen ini biasanya mengkodekan enzim cyclin-dependent kinase 7.

Dr. Brown dan tim menaruh perhatian khusus pada potensi gen ini sebagai target karena penelitian yang ada telah menemukan cara untuk menghalangi ekspresi CDK7.

Nathanael Grey, juga dari Dana-Farber Cancer Institute, bereksperimen dengan penghambat CDK7 beberapa tahun yang lalu. Penghambat eksperimental ini disebut THZ1, dan ini menunjukkan potensi sebagai bantuan bagi obat fulvestran.

Kombinasi fulvestrant dan THZ1 efektif baik dalam kultur sel kanker payudara ER-positif dan pada hewan model penyakit ini, memperlambat pertumbuhan tumor secara signifikan.

Dr. Brown dan rekan-rekannya percaya bahwa dengan meletakkan keduanya secara bersama, seolah-olah melalui temuan gabungan dari semua penelitian yang dipimpin oleh Dana-Farber Cancer Institute ini, para spesialis mungkin dapat merancang pengobatan yang efektif untuk kanker payudara ER-positif. yang tidak merespon terapi endokrin saja.

“Hasil ini mendukung potensi kombinasi ini sebagai strategi terapeutik untuk mengatasi resistensi endokrin yang disebabkan oleh mutan ER,” saran para peneliti.

Dr. Jeselsohn dan rekan-rekannya saat ini mencoba mengembangkan penghambat CDK7 yang sesuai, dan mereka berharap untuk menguji obat ini dan mengembangkan percobaan klinis untuk pasien dengan kanker payudara metastatik ER-positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing