Perut Terasa Gatal Saat Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

doktersehat-kehamilan-pregnancy

DokterSehat.Com– Saat hamil, pernahkah Anda merasa bahwa perut Anda gatal? Menurut mitos yang beredar, perut gatal saat hamil disebabkan karena janin di dalam perut ibu sedang tumbuh rambut. Tentu saja mitos tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, namun sebenarnya apa yang menyebabkan perut gatal saat hamil dan bagaimana mengatasinya?

Perut yang gatal saat hamil utamanya disebabkan oleh meningkatnya hormon dalam tubuh. Sedangkan gatal di bagian perut umumnya disebabkan karena kulit perut yang semakin meregang. Umumnya gatal di sekitar perut juga diikuti oleh gatal dan kemerahan di sekitar telapak tangan dan kaki. Tak perlu khawatir, rasa gatal ini akan hilang setelah melahirkan.

Meskipun merupakan hal yang wajar terjadi, namun rasa gatal di perut ini kadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakannya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Hindari pakaian ketat
Pakaian yang Anda kenakan bisa memicu perut semakin gatal atau menyebabkan iritasi. Hindari pakaian yang ketat dan berbahan sintetis. Pakaian berbahan wol atau denim yang tebal juga tidak disarankan untuk ibu hamil karena memicu rasa gatal dan gerah. Gunakan pakaian berbahan alami yang nyaman seperti katun dan berukuran longgar untuk mengurangi iritasi.

Kenakan celana di bawah perut
Saat ibu hamil besar, banyak yang memilih pakaian dalam atau celana yang menutupi perut. Namun jika Anda mengalami perut gatal, maka dianjurkan untuk memilih celana yang berada di bawah perut untuk menghindari iritasi dan mengurangi gesekan.

Gunakan sabun yang lembut
Untuk membantu mengurangi gatal di perut, Anda bisa menggunakan sabun tanpa pengharum untuk menghindari iritasi. Bilas dengan bersih saat mandi lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Hindari mandi air panas

Mandi air panas memang terasa melegakan bagi ibu hamil yang sering mengalami pegal-pegal. Namun saat mengalami gatal di perut sebaiknya mandi dengan air dingin untuk mengurangi reaksi gatal. Setelah mandi Anda bisa mengoleskan krim lembut di perut dan biarkan hingga seharian.

Banyak minum
Jika Anda banyak menghabiskan waktu di ruangan berAC, maka sebaiknya imbangi aktivitas Anda dengan banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat kulit kering dan memicu rasa gatal.

Jangan digaruk
Meskipun gatal di perut sangat mengganggu, namun sebaiknya tahanlah diri untuk menggaruknya. Menggaruk perut dapat memicu luka gores yang perih dan meninggalkan bekas. Anda bisa mengompresnya dengan air dingin atau mengoleskan krim pelembap untuk meredakan gatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing