Ini Makanan yang Tinggi Zinc untuk Ibu Hamil

doktersehat-hamil-minum-kopi

DokterSehat.Com– Ibu hamil tentu selalu memerhatikan asupan makanannya. Asupan makanan ibu hamil penting karena dengan asupan makanan yang tepat akan dapat memenuhi kebutuhan zat gizi ibu hamil. Zat gizi bagaikan bahan baku yang digunakan oleh janin untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pemenuhan kebutuhan zat gizi ditentukan oleh pemilihan jenis bahan makanan yang tepat salah satunya adalah bahan makanan yang mengandung zinc. Zinc merupakan zat gizi yang merupakan bahan baku pembentukan saraf tubuh dan molekul DNA (susunan bagian dasar tubuh). Kebutuhan zinc ibu saat hamil yang meningkat umumnya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi bahan makanan berprotein hewani. Namun, ada beberapa bahan makanan yang mengandung zinc cukup tinggi yang dapat dijadikan pilihan bahan makanan lain yang tinggi zinc. Beberapa bahan makanan yang tinggi zinc adalah:

  • Roti yang ber-ragi
  • Pada penelitian terdahulu dibuktikan bahwa penggunaan roti tanpa ragi menyebabkan masyarakat khususnya anak-anak mengalami kekurangan zinc. Kondisi ini disebabkan pada penyerapan zinc dibutuhkan fitat yang ada pada ragi. Sehingga ibu hamil sebaiknya mengonsumsi roti yang menggunakan ragi. Umumnya roti yang mudah kita peroleh sudah menggunakan ragi untuk bahan bakunya.

  • Biskuit atau olahan dengan gandum utuh
  • Gandum memiliki kandungan zinc cukup tinggi meskipun tidak setinggi sumber protein. Pada 100 gram biskuit atau roti dengan gandum utuh memiliki 2 mg kandungan zinc. Angka tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 10 keping biskuit.

  • Kacang almond dan kacang tanah
  • Golongan kacang-kacangan yang mengandung cukup banyak zinc adalah almond dan kacang tanah. Sama dengan biskuit kedua kacang tersebut memiliki 2 mg kandungan zinc jika dikonsumsi sebanyak 10 sendok makanan.

  • Bahan makanan protein hewani
  • Seperti yang disebutkan sebelumnya makanan protein hewani merupakan sumber zinc terbaik. Pada dua potong sedang ayam terdapat 4 mg zinc yang cukup memenuhi kebutuhan tambahan zinc harian ibu. Makanan protein hewani yang tinggi zinc adalah daging (ayam, sapi, kambing) dan bagian kuning telur.

Pemenuhan kebutuhan zinc penting untuk pembentukan bagian vital janin. Sehingga bahan makanan diatas dapat dipilih sebagai alternatif pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan zinc ibu saat hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD GRATIS LOGO BLACK WHITE UNISBANK PNG JUOSS MANTAP MANTAP LANGSUNG DOWNLOAD

DAS DES   LINK DOWNLOAD https://drive.google.com/file/d/1tEwGh5S35sXp4523GjIrzzOl6CZq-AHH/view?usp=sharing